Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya cerai di Pengadilan Agama Deli Serdang

Biaya cerai di Pengadilan Agama Deli Serdang
Biaya cerai di Pengadilan Agama Deli Serdang

PENGADILAN AGAMA DI WILAYAH KABUPATEN DELI SERDANG DISEBUT DENGAN PENGADILAN AGAMA LUBUK PAKAM.
Biaya cerai di Pengadilan Agama Deli Serdang seringkali ditanyakan kepada kami, namun sebelum diuraikan lebih lanjut ada baiknya diberitahukan terlebih dulu bahwa  sebutan nama Pengadilan Agama Deli Serdang tidaklah dikenal, melainkan Pengadilan Agama Lubuk Pakam. Memang benar di Deli Serdang sebagai Kabupaten tentu Pemerintah harus menyediakan satu Pengadilan Agama dan satu Pengadilan Negeri. Namun dalam hal penamaan untuk Pengadilan Agama adalah Pengadilan Agama Lubuk Pakam. Begitu juga untuk Pengadilan Negeri adalah Pengadilan Negeri Lubuk Pakam, bukan Pengadilan Negeri Deli Serdang.

Menjawab pertanyaan berapa biaya cerai di Pengadilan Agama Lubuk Pakam maka akan tergantung dari 2 hal, yaitu apakah diurus sendiri ataukah menggunakan bantuan Advokat/Pengacara.

BIAYA CERAI DI PENGADILAN AGAMA LUBUK PAKAM BILA DIURUS SENDIRI. 
Bila diurus sendiri, biaya cerai berkisar pada rentang Rp. 1,2 juta s/d Rp. 1,4 juta (data tahun 2021) asalkan para pihak berdomisili/beralamat di wilayah Deli Serdang. 

BIAYA CERAI DI PENGADILAN AGAMA LUBUK PAKAM BILA MENGGUNAKAN JASA ADVOKAT/PENGACARA.
Biaya Advokat/Pengacara sampai dengan saat ini tidak ada standardnya, namun pada umumnya biaya Advokat/Pengacara akan ditentukan oleh beberapa hal: 1) Tingkat kesulitan perkara, 2) Kemampuan ekonomi klien, 3) Kesepakatan.

Berdasarkan kriteria tersebut maka besarnya biaya Advokat/Pengacara akan bervariasi tergantung pada standard biaya yang diterapkan oleh masing-masing Advokat/Pengacara dan tentu saja kesepakatan dengan klien. Silahkan lakukan negosiasi dengan Advokat/Pengacara anda untuk mendapatkan kesepakatan.

ADA 2 PENGADILAN DI KABUPATEN DELI SERDANG YAITU PENGADILAN NEGERI LUBUK PAKAM DAN PENGADILAN AGAMA LUBUK PAKAM.
Percakapan dibawah ini adalah komunikasi melalui telepon antara seorang saksi yang hendak hadir untuk memberikan kesaksiannya di persidangan di Pengadilan Negeri Lubuk Pakam dengan seorang Pengacara.

Saksi: "Posisi bapak dimana?"
Pengacara :"Saya sudah di kantor Pengadilan, bapak jalan aja dari sisi kanan kantor Pengadilan lalu ke belakang saja langsung menuju ruang tunggu, saya sudah disini"
Saksi: "Oh baik pak, saya tidak tau ruang tunggunya dimana, tapi saya sekarang berada didepan masjid Pengadilan pak, bisa bapak jemput saya ke sini, saya pakai baju putih celana biru ya pak "
Pengacara:"Oh baik pak, tunggu ya...(lalu Pengacara tsb bergegas ke depan masjid, tapi setelah dicari-cari tidak ada si bapak tadi...)"
Pengacara: "Posisi bapak sebenarnya ada dimana?"
Saksi:"Di depan masjid pak"
Pengacara:"Saya juga didepan masjid tapi saya tidak melihat bapak, coba bapak tanya sama petugas disitu ini kantor Pengadilan apa..."
Saksi:"Oh baik. Sudah saya tanya pak, ini kantor Pengadilan Agama Lubuk Pakam..."
Pengacara:"Lah kan sudah saya bilang sebelumnya bapak hadir sebagai saksi di Pengadilan Negeri Lubuk Pakam..."
Saksi:"Oh saya pikir Pengadilan Lubuk Pakam ini yang disini dimana saya berada sekarang..."

Cerita diatas membuktikan tidak semua orang mengetahui bahwa di Kabupaten Deli Serdang ini, dan begitu juga di Kabupaten/Kota lainnya, ada 2 pengadilan, yaitu Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri. Untuk Kabupaten Deli Serdang Pengadilan Agama Lubuk Pakam dan Pengadilan Negeri Lubuk Pakam.

Pengadilan Agama Lubuk Pakam adalah pengadilan yang mengadili perkara-perkara perdata tertentu bagi mereka yang beragama Islam. Sedangkan Pengadilan Negeri Lubuk Pakam adalah pengadilan yang berwenang mengadili perkara perdata umum dan perkara pidana.

Namun masih ada sebagian orang ketika bertanya hanya menyebut Pengadilan Lubuk Pakam atau Pengadilan Deli Serdang....